Sabtu, 08 November 2008

manfaat air tebu

Es air tebu sekarang ini banyak ditemukan diberbagai tempat, mulai dari pinggiran jalan hingga stand minuman di mal-mal terkemuka. Tentu sebagian besar dari anda pun pernah merasakannya. Rasa manisnya sangat nikmat, apalagi jika meneguknya di tengah udara yang panas...

Tebu ada berbagai macam jenis : tebu kuning, tebu hitam, tebu ungu, dan tebu coklat. Dan ternyata, tidak semua jenis tebu layak untuk digiling menjadi minuman! Sari tebu ungu misalnya, berwarna coklat tua, rasanya tawar, dan tidak ada keharuman. Tebu yang paling nikmat untuk diminum sarinya adalah tebu kuning.

Selain enak di mulut, ternyata tebu juga memiliki banyak khasiat. Mulai dari batuk, masuk angin, panas tinggi, dan jantung berdebar dapat dihilangkan oleh air tebu. Berikut adalah beberapa cara pemanfaatan tebu :

Meredakan Jantung Berdebar

Tiga genggam air tebu hitam, dicuci dan direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas. Minum dua kali sehari.

Sakit Panas

Tebu hitam secukupnya, diperas untuk diambil airnya, lalu diminum.

Batuk

Tiga sampai lima ruas tebu hitam, disesap dan diminum airnya. Atau dibakar kemudian dikupas dan diperas untuk diambil airnya.

Masuk Angin

Ambil tiga pucuk daun tebu, direbus dengan air sampai mendidih. Setelah dingin, minum airnya tiga kali sehari.


Sekalipun manis rasanya, para penderita diabetes tidak perlu khawatir untuk meminum air perasan tebu, karena didalamnya mengandung zat saccharine yang berfungsi sebagai antidiabetes, asalkan langsung minum setelah diperas. Akan tetapi kalau air tebu itu sudah melalui proses pemurnian dan menjadi gula, maka gula tetap gula, dan itu merupakan hal yang tabu dan berbahaya bagi penderuta diabetes.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi air tebu karena mampunyai banyak khasiat yang diperoleh darinya.

Tidak ada komentar: